Selamat datang di platform Furnipedia. Syarat dan ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Furnitur Informasi Nusantara (FIN). Silahkan baca layanan berikut dengan cermat sebelum menggunakan Platform Furnipedia ini agar Pengguna mengetahui tentang hak dan kewajiban hukum Pengguna.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Platform Furnipedia, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketetuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan FIN. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di Platform Furnipedia. Apabila Pengguna di bawah usia 18 tahun atau belum menikah dan dibawah pengampuan maka Pengguna harus mendapatkan izin dari orang tua atau wali untuk membuka akun dan orang tua atau wali tersebut harus menyetujui ketentuan perjanjian ini. Apabila Pengguna adalah orang tua atau wali anak di bawah umur yang membuat akun, Pengguna harus menerima ketentuan perjanjian ini atas nama anak di bawah umur tersebut dan orang tua atau wali akan bertanggung jawab atas semua penggunaan akun atau layanan perusahaan yang menggunakan akun tersebut.

FIN berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan semua atau bagian apapun dari Aplikasi atau layanan setiap saat atau setelah memberikan pemberitahuan sebagaimana dipersyaratkan oleh undang-undang dan peraturan setempat. FIN dapat meluncurkan layanan tertentu atau fitur tertentu dalam versi beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau sama seperti versi akhir, dan FIN tidak bertanggung jawab dalam hal demikian. FIN juga dapat membatasi fitur tertentu atau membatasi akses Pengguna ke bagian atau seluruh Aplikasi atau layanan atas kebijakannya sendiri dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban.

DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN ATAU MEMBUKA AKUN FURNIPEDIA, PENGGUNA DENGAN SADAR SEPAKAT DAN MEMBERIKAN PENERIMAAN JUGA PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN PERJANJIAN INI, TERMASUK SYARAT DAN KETENTUAN TAMBAHAN SERTA KEBIJAKAN YANG DISEBUTKAN DI SINI.

  1. Pendahuluan
  2. Definisi
  3. Privasi
  4. Layanan
  5. Izin Terbatas
  6. Akun, Password dan Keamanan
  7. Pelanggaran Terhadap Syarat Layanan Furnipedia
  8. Transaksi Pembelian
  9. Permasalahan
  10. Ganti Rugi
  11. Pembebasan
  12. Proses, Cara, Perbuatan Menafikan
  13. Pernyataan dan Jaminan Pengguna
  14. Keterpisahan
  15. Hukum yang Mengatur
  16. Ketentuan Lain
  17. Pembaharuan dan Modifikasi
  1. Pendahuluan

PT. Funitur Informasi Nusantara (FIN) adalah suatu Perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan Funitur berbasis Aplikasi. Dalam hal ini FIN menyediakan Aplikasi penjualan Furnitur berbasis Aplikasi yang diberi nama Furnipedia, dimana Pengguna dapat melakukan transaksi pembelian barang secara online dengan fitur serta layanan yang tersedia di Aplikasi Furnipedia. Setiap Pengguna yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mengakses platform Furnipedia untuk keperluan pembelian furnitur-furnitur yang bisa di custom terhadap beberapa pilihan warna dan ukuran sesuai dengan kebutuhan Pengguna dengan menggunakan fitur AR yang ada di Aplikasi Funipedia dimana Pengguna dapat langsung scan lokasi yang akan ditempatkan Furnitur tersebut. Pengguna juga dapat merotasi Furnitur yang dipilih saat scan lokasi penempatan Furnitur sesui dengan kebutuhan.

  1. Definisi
    1. Syarat dan Ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan FIN yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan FIN, serta tata cara penggunaan system Layanan Furnipedia.
    2. FIN adalah PT. Furnitur Informasi Nusantara sebagai pemilik sah dan pengelola Aplikasi Furnipedia beserta isi dan jaringannya.
    3. Furnipedia adalah Platform penjualan furnitur berbasis Aplikasi yang dimiliki FIN.
    4. Pengguna adalah Pihak (terdaftar/tidak terdaftar) yang mengakses atau menggunakan Layanan Platform Furnipedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Mitra maupun Pihak lain yang sekedar berkunjung ke Platform Furnipedia.
    5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaas atas barang yang di jual di platform Furnipedia.
    6. Akun adalah data Pengguna, minimum terdiri dari username, password, nomor telepon, ID dan email yang wajib diisi oleh Pengguna Terdaftar.
    7. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang.
    8. Layanan adalah platform Furnipedia, fitur, konten, dan fungsi apapun yang tersedia di atau melalui platform oleh atau atas nama Furnipedia.
    9. Payment Gateway adalah system pembayaran yang difasilitasi oleh FIN untuk para Pembeli melakukan transaksi pembelian di platform Furnipedia.
  1. Privasi
    1. Privasi Pengguna sangatlah penting bagi kami di Furnipedia. Untuk melindungi hak-hak dengan lebih baik kami telah menyediakan Kebijakan Privasi Furnipedia untuk menjelaskan praktik privasi kami secara rinci. Pengguna dipersilahkan baca terlebih dahulu Kebijakan Privasi Furnipedia untuk memahami bagaimana Furnipedia mengumpulkan dan menggunakan informasi yang berkaitan dengan akun Pengguna dan/atau penggunaan Layanan oleh Pengguna. Dengan menggunakan Layanan atau memberikan informasi di platform, Pengguna:
      1. Menyetujui Tindakan Furnipedia untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, dan/atau mengolah konten, data Pribadi dan informasi Pengguna sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi Furnipedia,
      2. Menyetujui dan mengakui bahwa hak kepemilikan atas informasi Pengguna dimiliki secara Bersama oleh Pengguna dan FIN,
      3. Tidak akan, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengungkapkan informasi Pengguna kepada setiap Pihak ketiga, atau sebaliknya memperbolehkan setiap Pihak ketiga untuk mengakses atau menggunakan informasi Pengguna tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari FIN.
    2. Pengguna yang memiliki data Pribadi Pengguna lainnya melalui penggunaan Layanan, dengan ini setuju bahwa mereka akan:
      1. Mematuhi semua undang-undang perlindungan data Pribadi yang berlaku sehubungan dengan data tersebut,
      2. Mengizinkan Pengguna yang data pribadinya telah dikumpulkan oleh Pihak Penerima (“Pihak yang mengungkapkan”) untuk menghapus datanya yang telah dikumpulkan dari database Pihak Penerima,
      3. Mengizinkan Pihak yang mengungkapkan untuk meninjau informasi apa saja yang telah dikumpulkan tentang mereka oleh Pihak Penerima dalam setiap kasus 3.2.2 dan 3.2.3 di atas, dilakukan sesuai dengan dan bilamana diwajibkan oleh hukum yang berlaku.
  1. Layanan
    1. Platform

FIN mengelola dan menyediakan platform bagi Pengguna untuk melakukan pembelian Furnitur sesuai dengan aturan penggunaan Furnipedia dengan Aplikasi yang bernama Furnipedia berbasis Android dan iOS, yang dapat di unduh dan install melalui Play Store dan Application Store dan dapat diakses melalui smartphone.

  1. Augmented Reality (AR)

Furnipedia menyediakan layanan AR untuk pempermudah Pengguna menyesuaikan Furnitur yang akan dibeli dengan kondisi area yang akan ditempatkan Furnitur tersebut. Di fitur AR ini Pengguna dapat menyesuaikan ukuran dan warna Furnitur yang akan dibeli.

  1. Pembelian Furnitur

Furnipedia menyediakan layanan Pembelian Furnitur. Layanan ini akan muncul setelah Pengguna mengkonfirmasi Furnitur yang dipilih setelah Pengguna sudah yakin terhadap pilihan furnitur yang meliputi Jenis, Warna dan Ukuran. FIN tidak bertanggungjawab dan tidak memiliki kewajiban apapun untuk setiap kerugian yang ditimbulkan akibat kesalahan Pembeli saat memilih Furnitur yang telah dipilih.

  1. System Pembayaran

FIN bekerjasama dengan Penyedia Jasa System Pembayaran (Bank dan Non-Bank) resmi yang diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk menyediakan system pembayaran guna memudahkan dan mengamankan setiap transaksi yang berlangsung di platform Furnipedia. Metode pembayaran yang disediakan melalui platform Furnipedia, antara lain:

  1. Transfer Bank,
  2. Kartu Kredit,
  3. Virtual Account,
  4. Internet Banking,
  5. Payment Gateway.

FIN tidak bertanggungjawab dan tidak memiliki kewajiban apapun untuk setiap kerugian terhadap Pembeli yang timbul dari informasi atau kesalahan pembayaran yang dimasukkan oleh Pembeli atau pengiriman uang yang salah oleh Pembeli sehubungan dengan pembayaran untuk barang yang dibeli. FIN berhak mengecek apakah Pembeli berwenang untuk menggunakan metode pembayaran tertentu, dan dapat menangguhkan transaksi sampai otorisasi tersebut dikonfirmasi atau membatalkan transaksi yang bersangkutan bila konfirmasi tersebut tidak tersedia.

  1. Ekspedisi Pengiriman Barang

FIN bekerjasama dengan Partner Ekspedisi Pengiriman Barang Resmi untuk menyediakan pilihan metode pengiriman barang, guna memudahkan setiap transaksi yang berlangsung di platform Furnipedia. FIN tidak bertanggungjawab dan tidak memiliki kewajiban apapun untuk setiap kerugian terhadap Pembeli akibat kerusakan yang diakibatkan proses pengiriman barang oleh Ekspedisi Pengiriman Barang.

  1. QR Code

Furnipedia menyediakan validasi penerimaan barang yaitu dengan scan QR Code yang ada pada fitur penerimaan barang pada Aplikasi Furnipedia. Validasi ini guna mempermudah tracking barang yang dipesan dan yang diterima oleh Pengguna. Pembeli harus scan QR Code yang tertera pada kemasan barang yang diterima melalu fitur yang ada pada platform Furnipedia.

  1. Bantuan

Bantuan merupakan layanan yang disediakan oleh Furnipedia untuk memfasilitasi penyelesaian masalah termasuk namun tidak terbatas pada masalah, transaksi, pembelian barang, dan komplain barang yang diterima. Didalam fitur Furnipedia terdapat button untuk mengarahkan Pengguna ke Whatsapp atau email costumer service FIN.

  1. Izin Terbatas
    1. FIN memberikan izin terbatas yang dapat dicabut Kembali kepada Pengguna untuk mengakses Layanan dengan tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini. Semua Merek Dagang, Konten Eksklusif, Merek Layanan, Nama Merek, Logo dan Kekayaan Intelektual lainnya yang ditampilkan di Platform Furnipedia merupakan milik FIN. Tidak ada hak atau izin yang diberikan secara langsung atau tidak langsung kepada pihak mana pun yang mengakses platform Furnipedia untuk menggunakan atau memperbanyak Kekayaan Intelektual dan tidak ada Pihak yang mengakses platform Furnipedia yang dapat mengklaim hak kepemilikan atau kepentingan apapun di dalamnya. Dengan menggunakan atau mengakses layanan platform Furnipedia, Pengguna setuju untuk mematuhi hak cipta merek dagang, merek layangan dan semua undang-undang yang berlaku lainnya yang melindungi Layanan platform Furnipedia. Pengguna setuju untuk tidak menyalin, mendistribusikan, mempublikasikan ulang, mengirimkan, menampilkan secara terbuka, melakukan secara terbuka, mengubah, menyesuaikan, menjual, atau membuat karya turunan dari bagian apapun dari Layanan dan Platform Furnipedia. Pengguna juga tidak boleh tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari FIN membingkai bagian apapun dari platform beserta isinya termasuk me-mirror platform Furnipedia di server lain manapun atau sebagai bagian dari platform lain apapun. Selain itu Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan menggunakan robot, spider atau perangkat otomatis maupun proses manual lain apapun untuk memantau atau menyalin platform dan konten Furnipedia tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari FIN.
    2. Pengguna setuju bahwa FIN dapat menambah, mengganti, dan/atau memodifikasi, model metode, algoritma atau proses otomatis lainnya yang tersedia di Layanan, atas kebijakan FIN sendiri dengan atau tanpa pemberitahuan atau kewajiban kepada Pengguna atau Pihak ketiga manapun.
    3. Pengguna boleh membuat tautan platform Furnipedia ke situs pengguna, asalkan situs tersebut tidak menyiratkan adanya dukungan oleh atau asosiasi dengan FIN. Pengguna mengakui bahwa atas kebijakannya sendiri dan setiap saat FIN dapat berhenti menyediakan Layanan, baik sebagian atau secara keseluruhan tanpa pemberitahuan.
  1. Akun, Password dan Keamanan
    1. Pengguna wajib berusia minimal 18 tahun (kecuali ditentukan lain oleh perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia). Pengguna yang belum genap berusia 18 tahun wajib memperoleh persetujuan dari orang tua atau wali untuk menggunakan dan/atau mengakses layanan di Platform Furnipedia dan bertanggung jawab atas segala biaya yang timbul terkait penggunaan layanan di Platform Furnipedia.
    2. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna adalah orang yang cakap dan mampu mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
    3. FIN tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
    4. Pengguna wajib membaca, memahami serta mengikuti semua ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    5. Platform Furnipedia membutuhkan pendaftaran Akun dengan memilih identifikasi pengguna (ID Pengguna) dan Password unik, serta memberikan informasi pribadi tertentu.
    6. Pengguna wajib menyampaikan informasi yang benar, tepat, lengkap dan terbaru dari diri Pengguna dalam rangka penggunaan Platform Furnipedia dari waktu ke waktu.
    7. FIN berhak untuk menangguhkan atau mengakhiri Akun Pengguna apabila nama ID (username) Pengguna yang dipilih oleh Pengguna dianggap tidak sopan atau tidak pantas oleh FIN.
    8. Pengguna di wajibkan menggunakan email gmail Pengguna untuk melakukan pendaftaran Akun. Apabila Pengguna belum memiliki alamat email gmail, maka Pengguna diharuskan melakukan pendaftaran akun gmail terlebih dahulu diplatform google mail.
    9. Pengguna wajib memahami bahwa detail informasi akun milik Pengguna adalah rahasia, dan karenanya Pengguna tidak akan mengungkapkan detail informasi akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun, termasuk password rahasia berupa kode otentikasi yang dikirimkan melalui email, SMS atau whatsapp ke nomor telepon terdaftar Pengguna setiap kali ada percobaan log-in ke Akun Pengguna. FIN atau petugas Staff FIN tidak akan menanyakan password Pengguna (kecuali pada halaman di Platform Furnipedia Pengguna ketika Pengguna masuk ke Akun Furnipedia milik Pengguna melalui Platform Furnipedia pada device Pengguna). Pengguna setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi Akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
    10. FIN tidak akan meminta atau menanyakan username, password, ataupun kode verifikasi akun Pengguna untuk alasan apapun. Oleh karena itu FIN menghimbau kepada Pengguna untuk tidak memberikan data tersebut atau data penting lainnya kepada Pihak yang mengatasnamakan Furnipedia atau Pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
    11. Pengguna bertanggung jawab dan wajib menjaga keamanan dari akun termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan email dan password milik Pengguna.
    12. Demi keamanan dan kenyamanan para Pengguna, setiap transaksi jual beli di Furnipedia diwajibkan untuk menggunakan fasilitas Payment Gateway di Furnipedia.
    13. Pengguna dilarang menggunakan platform Furnipedia untuk melanggar peraturan yang ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun di negara lainnya.
    14. Pengguna setuju untuk tidak menggunakan Layanan untuk mengumpulkan atau menyimpan data pribadi tentang Pengguna lainnya sehubungan dengan perilaku dan kegiatan terlarang yang ditetapkan di atas.
    15. Pengguna setuju untuk tidak mendekompilasi, merekayasa balik, membongkar atau meretas Layanan (atau bagian apapun darinya), atau mengalahkan atau mengatasi teknologi enkripsi atau langkah-langkah keamanan yang diimplementasikan oleh Furnipedia sehubungan dengan Layanan dan/atau data yang dikirim, diolah atau disimpan oleh FIN.
    16. Pengguna setuju untuk tidak melakukan tindakan atau terlibat dalam perilaku yang secara langsung atau tidak langsung dapat merusak, melumpuhkan, membebani secara berlebihan, atau mengganggu Layanan atau server atau jaringan yang terhubung ke Layanan Furnipedia.
    17. Pengguna setuju untuk tidak melanggar hak Furnipedia, termasuk setiap hak kekayaan intelektual dan setiap passing off atas hak kekayaan intelektual Furnipedia.
    18. Pengguna dilarang mendistribusikan virus atau teknologi lainnya yang dapat membahayakan Furnipedia, kepentingan dan/atau properti dari Pengguna Furnipedia, maupun instansi Pemerintahan.
    19. Pengguna dilarang menggunakan platform Furnipedia untuk tujuan komersial dan melakukan transfer/menjual akun Pengguna ke Pengguna lain atau ke pihak lain dengan tujuan apapun.
    20. Pengguna dilarang membuat akun Furnipedia dalam jumlah banyak dengan tujuan tujuan apapun. Jadi setiap 1 Pengguna hanya boleh dan bisa memiliki dan membuat 1 akun.
    21. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu FIN jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
    22. Pengguna dianggap telah mengetahui seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia dalam setiap transaksi di Furnipedia, dan tidak akan melakukan tindakan apa pun yang melanggar peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.
    23. Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran terkait Aturan Penggunaan oleh Pengguna, FIN berhak melakukan tindakan yang dianggap perlu demi menjaga keamanan dan kenyamanan Pengguna lain dan platform Furnipedia.
    24. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa FIN tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode otentikasi, password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
    25. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan kode otentikasi, maka penyedia jasa telekomunikasi terkait, dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal yang ditentukan masing-masing penyedia jasa telekomunikasi ditambah biaya perpajakannya.
    26. Pengguna menjamin bahwa identitas/data pribadi yang Pengguna daftarkan dalam pembuatan akun Furnipedia merupakan identitas/data pribadi milik Pengguna sendiri bukan milik pihak manapun.
    27. Pengguna akan senantiasa bekerja sama dengan FIN untuk menyelidiki dan menentukan apakah telah terjadi pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan ini dengan memberikan FIN (beserta pihak yang ditunjuk dan auditor independen) hak akses atas data pribadi dan/atau perangkat Pengguna yang digunakan Pengguna untuk membuka/mengakses platform Furnipedia. Dalam hal ini, Pengguna memberikan wewenang kepada FIN untuk bekerja sama dengan pihak berwenang (termasuk namun tidak terbatas pada pihak kepolisian, instansi pemerintah, penyedia jasa telekomunikasi, penyedia jasa jaringan internet, penyedia jasa data center, dan lain-lain) tanpa persetujuan terlebih dahulu kepada Pengguna.
    28. Pengguna menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat mengganggu dan/atau berdampak buruk pada Furnipedia, jaringan internet, infrastruktur atau produk Furnipedia, serta menimbulkan efek merugikan bagi keberlangsungan kegiatan usaha FIN.
    29. Pengguna menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat mempengaruhi/menurunkan/mengganggu layanan, perangkat lunak, perangkat keras, sistem, jaringan yang digunakan Pengguna lain untuk mengakses platform Furnipedia.
    30. Pengguna dilarang menggunakan platform Furnipedia dengan tujuan mengumpulkan data pribadi Pengguna lain dengan tujuan melanggar Kebijakan Privasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
    31. Pengguna dilarang menggunakan layanan Furnipedia untuk menyamar/memalsukan dirinya sebagai seseorang/pihak lain secara melawan hukum untuk menyesatkan dan/atau menipu orang lain secara sengaja maupun tidak sengaja.
    32. Pengguna mengakui, mengizinkan dan setuju bahwa FIN dapat mengakses, menyimpan dan mengungkapkan informasi Akun Pengguna kepada setiap petugas hukum, pembuat peraturan, atau otoritas pemerintahan, pemilik hak yang relevan, atau pihak ketiga lainnya jika diharuskan untuk melakukannya oleh hukum berdasarkan perintah pengadilan atau permintaan yang sah oleh otoritas pemerintah atau pengatur yang memiliki yurisdiksi atas Furnipedia atau dengan itikad baik bahwa akses, penyimpanan atau pengungkapan tersebut memang wajar diperlukan untuk:
      1. Mematuhi proses hukum,
      2. Menegakkan Syarat Layanan ini dan Kebijakan Barang Yang Dilarang dan Dibatasi,
      3. Menanggapi klaim bahwa Konten melanggar hak pihak ketiga, termasuk hak kekayaan intelektual,
      4. Menanggapi permintaan Pengguna untuk layanan pelanggan,
      5. Melindungi hak, milik atau keselamatan pribadi FIN, Penggunanya dan/atau masyarakat.
  1. Pelanggaran Terhadap Syarat Layanan Furnipedia

Pelanggaran terhadap kebijakan FIN atas platform Furnipedia dapat mengakibatkan berbagai tindakan, termasuk dengan tidak terbatas pada, salah satu atau semua dari hal-hal berikut:

  1. Penghapusan daftar,
  2. Batasan yang diberlakukan terhadap hak Akun,
  3. Penangguhan dan pengakhiran Akun,
  4. Tuntutan pidana,
  5. Tindakan perdata, termasuk dengan tidak terbatas pada klaim untuk kerugian dan/atau ganti rugi sementara atau perintah ganti rugi oleh pengadilan.
  1. Transaksi Pembelian
    1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh FIN pada platform Furnipedia. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian FIN akan memproses produksi atau pengemasan barang yang telah dibeli oleh Pembeli setelah proses pembayaran telah selesai dilakukan oleh Pembeli.
    2. Saat melakukan pembelian barang, Pembeli menyetujui bahwa:
      1. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, mengerti dan menyetujui informasi serta deskripsi dari keseluruhan produk (termasuk namun tidak terbatas pada warna, bahan, kualitas, tekstur, fungsi, ukuran dan lain sebagainya), sebelum berkomitmen melakukan pembelian produk tersebut.
      2. Pembeli mengakui bahwa warna yang sebenarnya dari produk yang ada di Furnipedia dipengaruhi dan tergantung dari layar maupun monitor masing-masing. Furnipedia telah berupaya dengan sebaik mungkin untuk menampilkan warna yang paling akurat seperti warna aslinya, namun tidak akan menjamin warna yang ditampilkan akan sama dan akurat seperti yang ditampilkan di platform Furnipedia.
      3. Pengguna masuk ke dalam Kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang di platform Furnipedia.
    3. Pembeli memahami dan menyetujui tentang ketersediaan barang costum ataupun barang standard. Dan Pembeli menyetujui terhadap durasi waktu pembuatan barang termasuk durasi waktu pengiriman barang tersebut.
    4. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan di luar transaksi resmi Furnipedia dan/atau tanpa sepengetahuan Furnipedia (melalui jaringan pribadi, pengiriman pesan, pembelian di luar Furnipedia, dan/atau pembelian di luar tagihan yang ditagihkan FIN) merupakan tanggung jawab pribadi Pembeli, dan bukan tanggung jawab dari pihak FIN.
    5. Pembeli memahami dan menyetujui untuk tidak menyerahkan/memberitahukan bukti transaksi yang dilakukan di Furnipedia pada pihak lain selain pihak Furnipedia melalui saluran komunikasi resmi Furnipedia. Dalam hal tersebut, jika terjadi kerugian yang diakibatkan oleh penyerahan atau pemberitahuan bukti transaksi pada pihak lain tersebut, maka hal tersebut merupakan tanggung jawab masing-masing Pembeli.
    6. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan barang bukan menjadi tanggung jawab pihak FIN. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan barang adalah tanggung jawab masing-masing Pembeli.
    7. Jika Pembeli tidak memberikan konfirmasi penerimaan barang dalam waktu 1×24 jam sejak status resi pengiriman dinyatakan telah diterima/delivered oleh system tracking jasa pengiriman, Furnipedia akan otomatis konfirmasi penerimaan barang telah diterima dengan baik oleh Pembeli.
    8. Pembeli diharapkan melakukan dokumentasi pembukaan paket saat menerima paket.
    9. Retur (pengembalian barang) hanya diperbolehkan jika kesalahan atau kerusakan akibat cacat produksi (dengan menunjukkan bukti valid bahwa barang tersebut cacat produksi) dan barang tidak sesuai dengan yang di pilih oleh Pembeli saat melakukan konfirmasi pilih barang dan barang yang dipilih tersebut sudah dilakukan pelunasan pembayaran oleh Pembeli.
    10. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa keterlambatan proses pembayaran serta biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli gunakan dengan bank Rekening resmi FIN merupakan tanggung jawab pembeli secara pribadi.
    11. Pengguna dengan ini sepakat dan menyetujui bahwa FIN dengan menggunakan pertimbangannya dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya tambahan atas transaksi di platform Furnipedia.
    12. Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran terhadap Kebijakan Pembelian Barang oleh Pembeli, FIN berhak untuk melakukan tindakan yang dianggap perlu terhadap Pembeli demi menjaga keamanan dan kenyamanan semua Pihak yang dirugikan.
    13. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan Pembeli selain melalui Rekening Resmi FIN dan/atau tanpa sepengetahuan FIN (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus di luar platform Furnipedia atau upaya lainnya), adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
    14. Pembeli wajib melakukan transfer sesuai dengan nominal total belanja dari transaksi dalam waktu 1×8 jam (dengan asumsi Pembeli telah mempelajari informasi barang yang telah dipesannya). Jika dalam waktu 1×8 jam barang dipesan tetapi Pembeli tidak mentransfer dana, maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis.
    15. Apabila Pembeli mentransfer setelah jam kerja staff kantor FIN (08.00 s/d 16.00) maka FIN akan proses pesanan Pembeli di hari berikutnya (hari dan jam operasional kerja staff kantor FIN).
    16. Setiap transaksi di Furnipedia akan dikenakan biaya operasional dalam bentuk kode unik pembayaran untuk mempermudah proses verifikasi. Furnipedia tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
    17. Pembeli disarankan untuk memeriksa kembali jumlah nominal pembayaran dengan jumlah nominal tagihan yang tertera pada halaman pembayaran. Apabila ada kekurangan nominal pembayaran maka FIN akan menghubungi Pembeli via Telepon atau email Pembeli yang terdaftar pada Aplikasi, guna melakukan pembayaran kembali ke rekening resmi FIN sesuai selisih nominal tagihan yang tertera pada halaman pembayaran dan jumlah nominal yang telah di bayarkan, hingga batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
    18. Semua pembelian barang setelah transaksi pembayaran dari Pembeli tidak dapat dibatalkan dengan alasan apapun.
    19. Pembeli tidak dapat mengganti barang yang dipilih Pembeli setelah proses pembayaran oleh Pembeli. Semua barang yang dipilih terakhir sebelum pembayaran dilakukan oleh Pembeli maka barang yang dipilih tersebut menjadi acuan kontrak yang mengikat antara Pembeli dengan FIN.
    20. FIN berhak untuk membatalkan transaksi apapun dari platform Furnipedia dan Pembeli setuju. Setelah proses pembatalah transaksi oleh FIN maka FIN akan mentransfer uang kembali ke rekening Pembeli yang terdaftar di platform Furnipedia maksimal 7 (tujuh) hari kerja, dengan catatan Pembeli sebelumnya telah transfer ke rekening resmi FIN.
    21. Semua biaya transaksi perbankan dan biaya pengiriman (apabila ada) dikarenakan proses pembelian di platform Furnipedia seluruhnya menjadi tanggungan Pembeli. Dengan ini Pembeli dengan sadar telah menyetujuinya.
  1. Permasalahan dan Hukum yang Berlaku dalam Penyelesaian Sengketa
    1. Dalam hal timbul masalah dalam suatu transaksi, Pembeli setuju untuk berkomunikasi dengan FIN melalu platform Furnipedia untuk menyelesaikan permasalahan atas dasar diskusi Bersama.
    2. Syarat Layanan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperlihatkan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, hubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan platform Furnipedia dan/atau aturan penggunaan ini akan diselesaikan secara eksklusif melalui BANI (Badan Arbitrase Nasinonal Indonesia) Jakarta Selatan.
  2. Ganti Rugi

Pengguna setuju untuk melepaskan FIN dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Furnipedia (termasuk Direktur, Komisaris, Pejabat, serta seluruh karyawan) dari segala klaim atau tuntutan, kewajiban, kerugian, dan biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh Pihak Ketiga yang timbul akibat kesalahan Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran aturan penggunaan ini, penggunaan Layanan di platform Furnipedia yang tidak semestinya, pelanggaran terhadap hak Pihak Ketiga, pelanggaran Kebijakan Privasi Furnipedia dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

  1. Pembebasan

Jika dikemudian hari terjadi perselisihan antara Pengguna dengan Pihak Lain, maka Pengguna setuju untuk membebaskan FIN (termasuk Direktur, Komisari, Pejabat, serta seluruh karyawan) dari segala klaim dan/atau tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dengan cara apapun berhubungan dengan perselisihan atau sengketa. Dengan ini Pengguna dengan sengaja membebaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

  1. Proses, Cara, Perbuatan Menafikan
    1. Layanan disediakan apa adanya dan tanpa garansi, klaim atau pernyataan apapun yang dibuat oleh FIN dalam bentuk apapun baik tersurat, tersirat atau menurut undang-undang sehubungan dengan layanan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, garansi kualitas kinerja, tidak adanya pelanggaran, kelayakan untuk diperdagangkan, atau kesesuaian untuk tujuan tertentu, dan juga tidak ada jaminan yang dibuat selama hubungan, selama pelaksanaan atau penggunaan perdagangan, dengan tidak membatasi ketentuan di atas dan sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, FIN tidak menjamin bahwa layanan platform Furnipedia ini atau fungsi terdapat di dalamnya akan tersedia, dapat diakses, tanpa gangguan, tepat waktu, aman, akurat, lengkap atau bebas dari kesalahan, bahwa kecacatan (bila ada) akan diperbaiki, atau bahwa platform Furnipedia ini dan/atau server yang memungkinkan platform ini menjadi tersedia bebas dari virus, jam, timer, penghitung, worm, penguncian perangkat lunak, drop dead device, trojan horse, perutean, pintu jebakan, bom waktu atau setiap kode, instruksi, program atau komponen berbahanya lainnya.
    2. Pengguna mengakui bahwa seluruh resiko yang timbul dari penggunaan atau kinerja platform Furnipedia dan/atau layanan tetap ditanggung oleh Pengguna sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku.
    3. FIN tidak memiliki kendali atas dan, sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, tidak menjamin atau bertanggung jawab untuk:
      1. Kesesuaian tujuan, keberadaan, kualitas, keamanan atau legalitas barang yang tersedia melalui layanan,
      2. Ketepatan waktu pengiriman, kondisi barang saat dan/atau setelah pengiriman.

Dengan ini Pembeli setuju membebaskan FIN dari semua tanggung jawab yang diakibatkan oleh hal-hal tersebut diatas.

  1. Pernyataan dan Jaminan Pengguna
    1. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna memiliki kapasitas hukum (dan dalam hal anak di bawah umur, persetujuan yang sah dari orang tua atau wali), hak dan kemampuan untuk mengikatkan diri pada Syarat Layanan ini dan mematuhi ketentuan-ketentuannya,
    2. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna akan menggunakan Layanan untuk tujuan yang sah saja dan sesuai dengan Syarat Layanan ini serta semua undang-undang, aturan, kode, arahan, pedoman, kebijakan dan peraturan yang berlaku.
  1. Keterpisahan

Apabila ada ketentuan dari Syarat Layanan ini yang dianggap melanggar hukum, batal, atau karena alasan apapun tidak dapat diberlakukan berdasarkan hukum di yurisdiksi tersebut, maka ketentuan tersebut harus dianggap dapat dipisahkan dari syarat dan ketentuan ini dan tidak akan memengaruhi keabsahan dan keberlakuan setiap ketentuan yang tersisa di yurisdiksi tersebut maupun keabsahan dan keberlakuan ketentuan tersebut berdasarkan hukum di yurisdiksi lainnya.

  1. Hukum yang Mengatur

Syarat Layanan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Negara Republik Indonesia. Kecuali diwajibkan lain oleh hukum yang berlaku, setiap permasalahan, kontroversi, klaim atau perbedaan dalam bentuk apapun yang timbul dari/atau sehubungan dengan Syarat Layanan ini terhadap atau yang berkaitan dengan platform Furnipedia atau salah satu Pihak yang diberi Ganti Rugi berdasarkan Syarat Layanan ini akan dirujuk dan diselesaikan di BANI Jakarta Selatan.

  1. Ketentuan Lain
    1. FIN mencadangkan semua hak yang tidak secara tegas diberikan di sini.
    2. FIN dapat mengubah Syarat dan Ketentuan ini setiap saat dengan memposting Syarat dan Ketentuan yang direvisi di platform Furnipedia ini. Penggunaan platform Furnipedia oleh Pengguna setelah perubahan tersebut diposting dianggap sebagai penerimaan Pengguna terhadap Syarat dan Ketentuan yang direvisi tersebut.
    3. Apabila Pengguna mempergunakan platform Furnipedia, maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala Syarat dan Ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan Layanan yang digunakan.
    4. Pengguna tidak boleh memberikan, mensublisensikan atau memindahkan hak apapun yang diberikan kepada Pengguna di sini atau mensubkontrakkan salah satu kewajiban Pengguna.
    5. Tidak ada hal dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dapat diartikan sebagai hubungan kemitraan, usaha patungan atau pemberi kuasa-penerima kuasa antara Pengguna dan FIN, dan juga tidak memberikan wewenang kepada Pengguna untuk mengeluarkan biaya atau kewajiban apapun atas nama FIN.
    6. Kegagalan FIN setiap saat atau pada waktu-waktu tertentu untuk mewajibkan pelaksanaan ketentuan apapun dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak akan memengaruhi haknya dengan cara apapun di waktu kemudian untuk memberlakukan ketentuan tersebut kecuali ketentuan tersebut dikesampingkan secara tertulis.
    7. Pengguna sepakat dan setuju bahwa Pengguna memiliki tanggungjawab untuk menjaga reputasi FIN beserta platform Furnipedia. FIN berpendirian bahwa segala Tindakan atau upaya percobaan manipulasi, kejahatan, penipuan, dan/atau tindakan-tindakan pelanggaran aturan yang dilakukan oleh Pengguna yang terjadi di dalam atau dalam penggunaan platform Furnipedia merupakan bentuk pelanggaran yang serius (“Pelanggaran Pengguna”).
    8. Pengguna menyatakan bahwa kerugian yang diderita oleh FIN (termasuk Direktur, Komisaris, Pejabat, serta seluruh Staff Karyawan) akibat pelanggaran Pengguna berdampak material bagi kelangsungan kegiatan dan reputasi FIN. Kerugian yang terjadi akibat pelanggaran Pengguna ini sulit atau tidak mungkin untuk ditentukan nilainya secara pasti dan juga diakui bahwa tidak ada upaya hukum yang cukup untuk memperbaiki kerugian yang telah terjadi sebagai akibat terjadinya pelanggaran Pengguna. Olah karena itu Pengguna setuju bahwa FIN secara multak berhak untuk melakukan Tindakan yang diperlukan untuk memulihkan dan melindungi nama baiknya serta meminta penggantian kepada Pengguna yang melakukan pelanggaran Penggunaan atas kerugian yang diderita FIN termasuk namun tidak terbatas pada melakukan pemeriksaan atau investigasi (baik sendiri atau bekerja sama dengan Pihak berwajib).
    9. Pengguna yang melakukan Pelanggaran Pengguna melepaskan segala hak yang dimilikinya untuk mengajukan gugatan, klaim, keberatan dan/atau upaya lainnya terhadap FIN (termasuk Direktur, Komisaris, Pejabat, serta seluruh Staff Karyawan) dalam melakukan Tindakan Mitigasi Pelanggaran atas Pelanggaran Penggunaan.
    10. Perhitungan jumlah kerugian yang disiapkan oleh FIN dalam konteks ini adalah bersifat final dan mengikat. Pengguna yang diduga melakukan Pelanggaran, Pengguna dapat menggunakan fitur menghubungi FIN (dapat melalui layanan bantuan di platform Furnipedia dan/atau menghubungi secara langsung nomor telepon kantor pusat FIN) untuk segera melakukan penyelesaian permasalahan Pelanggaran Pengguna dalam jangka waktu 7 hari kalender setelah Pengguna dimaksud pertama kali menerima Tindakan Mitigasi Pelanggaran dari FIN. Tindakan FIN dalam melakukan Tindakan Mitigasi Pelanggaran tidak sekali-kali menghilangkan atau diinterpretasikan membatasi hak-hak FIN untuk melakukan upaya lain yang tersedia berdasarkan peraturan yang berlaku.
    11. Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam Syarat dan Ketentuan khusus dalam platform Furnipedia dan Layanan Furnipedia tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada Syarat dan Ketentuan Furnipedia secara umum.
  1. Pembaharuan dan Modifikasi

Syarat dan Ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. FIN memiliki hak untuk melakukan pembaharuan tersebut.

SAYA TELAH MEMBACA SYARAT DAN KETENTUAN INI DAN MENYETUJUI SEMUA KETENTUAN YANG TERCANTUM DI ATAS DAN SETIAP REVISI YANG DILAKUKAN ATASNYA SESUDAHNYA. DENGAN MENGKLIK TOMBOL “DAFTAR” PADA SAAT PENDAFTARAN, SAYA MEMAHAMI BAHWA SAYA SEDANG MEMBUAT TANDA TANGAN DIGITAL, YANG SAYA MAKSUDKAN UNTUK MEMILIKI KEKUATAN DAN AKIBAT YANG SAMA SEPERTI BILA SAYA MENANDATANGANI NAMA SAYA SECARA MANUAL.

× How can I help you?